Thursday, 17 August 2017
Jakarta
--:--
Tokyo
--:--
Hongkong
--:--
New York
--:--
Nenek Berusia 91 Tahun Raih Gelar Sarjana di Thailand
Friday, 11 August 2017 03:31 WIB | GLOBAL |Global

Mimpi seorang nenek berusia 91 tahun dari Phayao, Thailand utara, menjadi kenyataan setelah ia menyelesaikan jenjang pendidikan Strata-1.

Pada Rabu (09/08), sang nenen, Kimlan Jinakul, mengikuti acara wisuda bersama ribuan mahasiswa lain, yang semuanya jauh lebih muda dibandingkan dirinya.

Kimlan Jinakul diwisuda dan mendapat gelar sarjana dari Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat setelah menghabiskan waktu lebih dari 10 tahun untuk belajar. Ia mengambil studi pembangunan manusia dan keluarga.

"Tidak pernah terlambat untuk belajar... pikiran saya selalu bangun untuk belajar," tuturnya tentang motto yang ia pegang teguh selama ini.

Pertambahan usia dan kematian putrinya tidak menghambat Kimlan Jinakul mewujudkan mimpi, tekad dan komitmennya.

Kimlan tertarik mengambil kuliah di Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat University ketika usianya sudah 72 tahun ketika salah seorang putrinya kuliah di universitas yang sama. Namun sang putri kemudian meninggal dunia dan Kimlan berhenti kuliah selama beberapa tahun.

Untuk mengatasi kepedihan hatinya, Kimlan akhirnya meneruskan kuliah pada usia 85 tahun dengan mengambil bidang yang sama, studi pembangunan manusia dan keluarga, yang diyakininya akan membantunya menjalani hidup berkualitas dan penuh kebahagiaan.

"Setelah pulih dari kesedihan dan kehilangan putri saya, saya mendorong diri sendiri untuk menyelesaikan program studi ini dengan harapan roh putri saya senang," ungkapnya kepada BBC Bahasa Thailand.

Ketika masih muda, Kimlan mengaku harus menikah sehingga tidak mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Sebagai gantinya, ia mendorong anak-anaknya untuk mengejar cita-cita mereka setinggi mungkin.

"Saya selalu menginginkan agar anak-anak saya bisa mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Dengan keinginan kuat ini, saya mendorong dan mendukung kemauan anak-anak saya untuk menyelesaikan studi mereka sesuai dengan yang mereka inginkan," kata Kimlan.

Hasilnya, empat anaknya meraih gelar master dan seorang lagi medapat gelar PhD dari Amerika Serikat.

"Dunia ini tidak pernah berhenti. Selalu ada peristiwa dalam hidup kita yang harus kita atasi. Ada penemuan-penemuan ilmiah untuk membuat dunia lebih baik. Jika tidak ada penemuan ilmu pengetahuan, maka dunia akan berhenti."

Kunci sukses

Ketika ditanya apa yang menjadi resepnya untuk menyelesaikan program studinya setelah melewati waktu-waktu sulit, Kimlan mengatakan kuncinya adalah kemauan dan tekad untuk mewujudkan cita-cita.

"Ketika kuliah, saya targetkan untuk menyelesaikan satu bab maka saya usahakan saya selesaikan bab itu. Saya garis bawahi poin-poin penting yang perlud dihafal. Kata-kata dan paragraf yang digarisbawahi tersebut sangat membantu ketika melakukan revisi."

Ditambahkan oleh Kimlan bahwa ia senang jika lulus ujian dan merasa sedih jika gagal tetapi ia mengulang ujian sampai lulus.

Meski sekarang bergelar sarjana, ia mengaku tak mempunyai ambisi besar.

"Saya pikir tak seorang pun akan mempekerjakan saya jika saya mencari pekerjaan. Saya akan terus mengurus cucu-cucu saya."

 

Sumber: BBC

RELATED NEWS
Australia Temukan Bukti Baru Terkait Kemungkinan Lokasi Jatuhnya Pesawat Malaysia...
Thursday, 17 August 2017 00:56 WIB

Sejumlah ilmuwan Australia mengatakan, mereka memiliki bukti baru yang mengukuhkan konsensus sebelumnya mengenai kemungkinan lokasi jatuhnya pesawat Malaysia yang hilang tanpa jejak tiga tahun lalu. ...

Perseteruan AS-Korea Utara Mengancam Perdamaian Penduduk Asli Guam...
Wednesday, 16 August 2017 18:01 WIB

Ancaman Korea Utara untuk melakukan serangan misil atas pulau Guam telah memicu seruan perdamaian dari kelompok penduduk asli Guam, yang khawatir akan pecahnya lagi perang setelah menderita ratusan ta...

Korut Tampaknya Tangguhkan Rencana Menembak Misil ke Guam...
Wednesday, 16 August 2017 11:12 WIB

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hari Selasa tampaknya menangguhkan rencana menembakkan misil ke Guam, tindakan yang dapat membantu meredakan kemungkinan perang dan memberi momentum baru bagi usaha di...

Uber Setuju Untuk Meningkatkan Privasi Data Konsumen Setelah Penyelidikan FTC...
Wednesday, 16 August 2017 01:29 WIB

Uber Technologies Inc. setuju untuk menyelesaikan penyelidikan AS yang menemukan perusahaan tersebut menipu konsumen karena tidak melindungi data sensitif mereka. Penyelesaian dengan Federal Trade Co...

Trump Kecam Kelompok-kelompok Supremasi Kulit Putih...
Wednesday, 16 August 2017 00:12 WIB

Seorang perempuan tewas Sabtu lalu, di Charlottesville, Virginia, setelah sebuah mobil berkecepatan tinggi dengan sengaja menabrak kerumunan demonstran yang menentang pawai itu. Tragedi ini membangkit...

POPULAR NEWS
ABN: Emas menuju level $1.200 dalam beberapa pekan pada pemulihan dolar AS

Logam kemungkinan akan jatuh ke batas yang lebih...

China Hentikan Impor dari Korea Utara

China mengumumkan hari Senin negara itu akan...

LATEST NEWS
Jepang Bukukan Surplus Perdagangan Bulanan Kedua Didorong Sektor Ekspor

Jepang membukukan surplus perdagangan untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Juli karena sektor ekspor terus tumbuh. Impor juga meningkat, menambah tanda-tanda bahwa permintaan domestik meningkat. Ekspor naik 13,4 persen dari tahun sebelumnya...

Saham Tokyo Dibuka Turun pada hari Kamis

Saham Tokyo dibuka turun pada hari Kamis dengan bank-bank mengalami kemerosotan setelah para pembuat kebijakan Federal Reserve AS mengisyaratkan tingkat kenaikan suku bunga yang lebih lambat pada pertemuan di bulan Juli. Indeks acuan Nikkei 225...

Minyak Turun Hampir ke 3 Minggu Terendahnya Karena Output AS Naik ke 2 Tahun Tertinggi

Minyak menahan kerugian di dekat penutupan terendahnya dalam lebih dari tiga minggu terakhir seiring para investor mempertimbangkan untuk memperluas produksi minyak mentah A.S. melawan penurunan stok yang terus berlanjut selama periode permintaan...